Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
Tematik
Satuan Pendidikan : SDN ..........
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika
Tema :
Hiburan
Petemuan Ke- : 1 (satu)
Kelas/ Semester : III
(Tiga) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit

Note: Dilarang keras melakukan copy paste saat melakukan tugas. silahkan ambil sesuatu yang dapat diambil dari apa yang saya tulis disini. Dan diharapkan mencantumkan sumber blog ini dalam daftar pustaka anda. terimakasih. Saya hanyalah manusia biasa yang jauh dari kesempurnaan, jadi kritik yang membangun dapat membantu :)
I.
Standar
Kompetensi
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/
saran
Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan
membaca
Dongeng
Menulis
. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
paragraf dan puisi
Matematika :
Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
II.
Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia :
-
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
- Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
- Menjelaskan urutan membuat atau melakukan
sesuatu dengan kalimat
yang runtut dan mudah dipahami
- Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat)
dengan lafal dan intonasi
yang tepat
- Menceritakan isi dongeng yang dibaca
- Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang
tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
- Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
Matematika :
-
Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
-
Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga
angka
-
Melakukan operasi hitung campuran
III.
Indikator
Bahasa Indonesia:
1. Menjawab
pertanyaan tentang isi cerita.
2. Menceritakan
kembali cerita yang telah didengarkan dan dilihat dengan menggunakan kata-kata
sendiri.
3.
Memahami bacaan
teks dan menentukan tokoh-tokoh didalamnya
4.
Memahami teks
dan menulis kembali ringkasan dari teks tersebut.
Matematika :
1. Menyebutkan
cara-cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.
2. Menceritakan
cara menjaga kebersihan rumah dan sekolah
Nilai-nilai
Karakter Bangsa :
1. Disiplin
( Discipline )
2. Tekun
( diligence )
3. Tanggung
jawab ( responsibility )
4. Ketelitian
( carefulness)
5. Kerja
sama ( Cooperation )
6. Toleransi
( Tolerance )
7. Percaya
diri ( Confidence )
8. Keberanian
( Bravery )
IV.
Tujuan
Pembelajaran :
Melalui kegiatan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dan Numbered Heads Together (NHT), peserta didik dapat:
Bahasa Indonesia:
1. Menjawab
pertanyaan tentang isi cerita.
2. Menceritakan
kembali cerita yang telah didengarkan dan dilihat dengan menggunakan kata-kata
sendiri.
Matematika:
1.
Siswa dapat membilang
secara urut
2.
Siswa dapat
membandingkan dua
buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
3.
Siswa dapat mengingat
perkalian dan pembagian sampai
dengan
seratus
4.
Siswa dapat membuat
tabel 10 x 10
5.
Siswa dapat menghitung
perkalian dan pembagian oleh 2 dan
10
secara cepat
V.
Materi
Ajar
Bahasa Indonesia:
·
Melakukan sesuatu
berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan pengalaman
yang mengesankan.
·
Memberikan tanggapan
dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi teks.
`
Matematika:
• Garis bilangan
• Penjumlahan dan pengurangan
• Perkalian dan pembagian
• Uang
• Alat ukur
• Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
VI.
Pendekatan, Model dan
Metode Pembelajaran
-
Pendekatan pembelajaran : pendekatan tematik
-
Model pembelajaran : Cooperative Learning tipe Picture
and Picture dan Numbered Heads
Together (NHT)
-
Metode pembelajaran : ceramah, tanya jawab, diskusi,
presentasi dan penugasan.
VII. Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan
1. Mengkondisikan
peserta didik ke dalam proses pembelajaran yang kondusif, dengan berdoa.
2. Mengecek
kehadiran peserta didik.
3. Melakukan
apersepsi dengan cara mengajukan pertanyaan tentang keadaan lingkungan di pagi
hari.
4. Menyampaikan
cakupan materi yang akan dipelajari.
5. Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan.
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1. Guru
mengajukan pertanyaan mengenai kegiatan mendengarkan cerita yang pernah dialami
oleh peserta didik.
2. Peserta
didik menyebutkan beberapa cerita yang pernah didengarnya.
Elaborasi:
1. Guru
mempersiapkan gambar untuk siswa.
2. Perwakilan
peserta didik mendeksripsikan gambar di depan kelas.
3. Peserta
didik dan guru melakukan tanya jawab mengenai isi gambar.
4. Peserta
didik menceritakan kembali cerita anak yang telah didengarnya.
5. Guru
memberikan penjelasan umum mengenai cara-cara menjaga lingkungan agar tetap
sehat.
6. Guru
membagi peserta didik menjadi 5 kelompok, setiap kelompok dibagi secara
heterogen yang terdiri dari 6 orang. Setiap peserta didik dalam masing-masing
kelompok mendapat nomor yang berbeda-beda yang harus ditempel pada kepala atau
dada peserta didik.
7. Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai
cara pengerjaan LKS.
8. Peserta
didik mendiskusikan jawaban dengan anggota kelompoknya.
9. Perwakilan
peserta didik dari setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dengan
kelompoknya di depan kelas.
10. Peserta
didik lainnya memberikan tanggapan terhadap hasil presentasi temannya.
Konfirmasi:
1. Guru
dan peserta didik membahas hasil jawaban masing-masing kelompok.
2.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk bertanya kepada guru jika ada yang belum dimengerti.
3.
Guru memberikan
penghargaan pada peserta didik yang aktif dalam proses pembelajaran.
C.
Kegiatan
Penutup
1.
Guru dan peserta didik
menyimpulkan materi yang telah dipelajari secara bersama-sama.
2.
Guru melaksanakan
penilaian akhir.
3.
Guru menyampaikan
tindak lanjut pembelajaran dengan cara memberikan tugas pada peserta didik
untuk mempelajari kembali materi yang telah diajarkan.
VIII. Penilaian
-
Prosedur penilaian :
proses dan post tes
-
Jenis penilaian : lisan dan tertulis
-
Bentuk penilaian : tes (jawaban singkat)
IX.
Media
dan Sumber Belajar
Media
Pembelajaran:
-
Gambar-gambar yang
berkaitan dengan lingkungan rumah dan sekolah
-
Kartu bernomor
Sumber belajar:
-
Standar Isi
-
Buku Matematika SD kelas 3, penerbit buku ajar
siswa yang relevan
-
Buku bina bahasa
indonesia dan sastra SD kelas 1, pnerbit buku ajar siswa yang relevan.
-
LKS
-
Instrumen soal
\

Mengetahui
Bogor,
12 Juni 2014
037112408
Tidak ada komentar :
Posting Komentar